Senin, 09 Januari 2012

Cerpen ( Cerita Pendek )


KEMBALILAH
Dilorong kelas itu, aku duduk berdua dengan sahabatku Nanda, tiba tiba datang seorang pria dari dalam kelas.
“Boleh pinjem catetannya ga ya ? ” pinta seorang pria.
“Eh, ia sok aja gak apa apa silahkan , tapi minggu depan jangan lupa di bawa , J ” jawab ku dengan santainya
“jadi ngerasa enak nih gw. hehe.. gw pinjem dulu ya catetannya ,sekali lagi thank’s banget.. ” timbal pria yang sok kenal sok dekat itu
Selang berapa menit pria itu pun telah hilang dari pandanganku dengan cepat. Senja pun telah tiba , akhirnya jam kuliah telah selesai aku dan sahabatku pun bergegas pulang ke kostan. Sepanjang perjalanan Nanda ternyata masih mengingat kejadian di lorong kelas .
“Ta, tadi itu Kiki kan ya , yang pinjem catetan lu ??” Tanya Nanda di sampingku.
“Kiki ? oh jadi itu yang namanya kiki ! malah gw ga tau nama itu cowo siapa. . haha” girauan ku
“Eh, dasar .. dikira udah tau lu !”
“Ya, gw kan kenal muka tapi ga tau nama nda. .” dengan jayusnya aku menjawab.
Seminggu sudah hari berlalu, namun tak kunjung juga buku catatan ku kembali. Berjalan menuju kelas, seperti biasa aku bersama Nanda .
“Nda, catetan gw belum balik . . ” aku berkata memulai percakapan
“Wah, catetan lu di ambil kali. .ati ati loh ta, buku aja udah berani dia ambil. . lain kali bisa bisa hati lu yang dia ambil.. hahaha” canda Nanda
“Sial !! Kena lagi gw dikecengin”
“Huk, huk. . pucuk di cinta ulam pun tiba, noh sang pembawa catetan cinta dateng” ledek Nanda
Seorang pria yang bernama kiki pun menghampiriku
“Maaf ya catetannya telat gw balikin. Gw sms beribu kali tapi gagal terus .” Serobot Kiki
“Gagal ?? memang tau gw trus tau no gw brapa?” aku terheran mendengarnya
“Tau lah ,lu Mita kan trus no lu  085793365604 kan ?”
“Ya iya lah gagal, no gw tuh 0856 buakan 0857” jelas ku.
“Hass, ga bakal nyambung atu kalo gitu. . um, ini catetanya makasih banyak pokoknya”
“Lain kali kalo gw mau ngrepotin lu lagi ga apa apa ?” Lanjut Kiki
“Oh, gampang tinggal sms aja. Hehe “ kata ku menutup pembicaraan
Berawal dari catatan dan berlanjut hingga sekarang. Semenjak kejadian itu hubungan ku dengan kiki semakin dekat, hingga akhirnya dia mengungkapkan perasaannya
“Ta, boleh Tanya sesuatu?” Tanya kiki
“ Ia kenapa ki ?”
“ Tapi jangan marah ya ?” cemas kiki
“ Ia apa?” aku semakin penasaran
“ Cowo lu sehari hari siapa?”
“Cowo? Jomblo gw. . “
“Kalo gitu boleh gw jadi cowo lu ?”
“Lah, secepet ini? Serius yakin sama gw?”
“Ia jawab ya?”
“Oke, gw terima” jawabku tanpa basa basi
Singkat cerita  awal kisah cinta ku di masa kuliah. Tak pernah terbayang terjadi kisah cinta express.kehadiran Nanda membuyarkan lamunanku
“Kabarnya ada yang jadian tapi ko ga ada pesta” Sindir Nanda
“Hey, Nda bisa aja lu.. tau dari siapa gw jadian..”
“Tau lah, bagus lah ga jomblo lagi. . gw doain biar ga kaya yang lalu lalu ta. .”
“Hum, aminn. . semoga ya nda. . semoga cowo sekarang ga bikin gw sakit hati lagi” pinta aku.
Keseharianku berjalan seperti biasa, yang berbeda hanya adanya kehadiran kiki yang menghiasi kisah cintaku. Kejutan kecilpun tak urung dia berikan padaku, sungguh indah rasanya di masa itu. Awal pacaran berlangsung lancar namun sebulan berlalu ada yang janggal dalam hubungan ku dengan Kiki. Berdiam diri, sendiri di kelas, sedikit demi sedikit pena di tangan ku pun menorehkan kata di tiap lembar kertas putih.
Bukti pertama : Kiki ketauan smsan sama cewe, dia bilang dy masih jomblo
Bukti kedua : Kiki ngajakin temen cewenya ketemuan lewat jejaring sosial
Bukti Ketiga : Kiki ngedektin temen gw sendiri and ngajak pulang bareng
Semakin aku pendam luka ini semakin aku merasa sakit, hingga air mata ku pun menetes. Disudut kelas tampak seorang pria menatapku kalut, dia adalah “Gaga”. Gaga pun datang dan mendekatiku.
“Sorry, boleh gw duduk disebelah lu ta?” Sapa Gaga
Belum aku menjawab dia pun duduk di sampingku, dengan mimik muka penuh tanya, Gaga melontarkan semua yang ia pikirkan tentang aku
“Ta,kenapa? lu nangis? “ Lanjut Gaga
“Ga kok ga, gw ga kenapa kenapa”
“Ga kenapa kenapa tapi lu nangis Ta. .”
Aku hanya diam tak menggubris semua pertanyaan yang diajukan Gaga pada ku. Tanpa aku sadar, Gaga membaca semua tulisan yang ku simpan rapat pada diary ku dan mengambilnya diam diam. Dengan sikap dewasanya, dia selalu membuat ku lebih tenang, Aku masih diam tanpa suara, hanya isak tangis yang aku bisa curahkan.
“Sejauh pacaran, lu ga pernah bilang keluh kesah lu sama dia,lu pendem semuanya sendiri ta.Lu punya temen ta ! Ya seenggaknya sama temen lu , lu bisa cerita. Ga kaya gini ! “ nasihat Gaga mulai menyebar di telingaku.
“Cukup ya, hapus semua air mata lu. Itu terlalu berharga buat seorang cewe kaya lu nangisin hal yang udah ga sewajarnya ada di suatu hubungan” lanjut Gaga
“Tapi gw sayang Ga ! “ aku pun mulai berkata
“Lu udah berusaha jadi yang terbaik buat dia ta,tapi kalo gini  yang ada nyiksa diri lu sendiri. Kiki yang udah nyia nyian cewe sesabar lu”
Suara tangis ku semakin deras mendengar kata kata itu.
“Cukup Ta, please jangan nangis terus”
Gaga menatapku tajam , dia menghapus air mata di pipi ku. Sempat terlintas masa lalu ku yang dulu pernah jatuh cinta pada gaga. Namun seperti biasa aku hanya bisa berdiam tanpa menguatarakan semuanya.
“Udah cukup yah Ta, suatu saat nanti dia bakal ngerasain tu kehilangan di tinggal cewe sebaik lu Ta.” Ujar gaga
“Makasih ya ga, lu selalu ada di saat gw kaya gini” kataku
“Hum,oke.. sekarang udah hampir sore. Takut kemaleman mending pulang aja ya, biar gw anter lu sampe rumah. Sebelum pulang makan dulu ya? Ga keberatan kan ?” pinta Gaga
“Kayanya ga bisa nolak ga..hehe” jawabku
“Nah gitu dong, ceria lagi J” timbal Gaga
Sehari berlangsung begitu cepat,malam ini Nanda menginap di kamar ku , mengingat apa yang di katakan gaga akhirnya aku pun memberanikan diri bercerita tentang apa yang aku rasakan pada Nanda
“Nda, Kiki udah bikin gw sakit hati ” kata kata itu akhirnya keluar perlahan
“Maksudnya?” Nanda terheran
“Ia akhir akhir ini dia beda, sikapnya yang cuek sama gw,bikin gw khwatir. Gw ga tau harus kaya gimana sekarang. Gw sayang di Nda” Jelasku
“Perasaan lu aja kali ta, ga bakal ada apa apa. Mungkin dia lagi sibuk ta.”
“ Ia kali ya, Cuma perasaan gw aja kali ya. Hehe”
Pagi ini , mentari bersinar terang. Suara burung pun menyambut hari yang indah. Namun tak seindah kodisiku pagi ini, aku terkulai lemah, suhu badanku sangat panas, hingga memaksaku untuk tidak mengikuti perkuliahan hari  ini.
“Nda, kayanya gw ga bisa kuliah hari ini.”
Nanda menghampiriku dan menyentuhku
“Ya ampun Ta, panas lu tinggi ini. Periksa ya? “ paksa Nanda
“Ahh, ga apa apa paling panas biasa. Oia, kalo ada tugas nanti gw liat ya?”
“Kebiasaan nih di sepelein, gw balik kuliah ntar gw anter ke rumah sakit. Soal tugas, gw bantu ko. Yang penting sekarang lu istirahat yang banyak Ta.” Saran Nanda memaksa
Sendiri membuat aku bosan berada di kamar dengan kondisi yang kurang baik. Hening dan sepi, hanya suara HP yang bordering tanda sms masuk. Aku buka pesan tersebut, dan ternyata tertulis pesan dari Kiki.
“Ga usah so lugu, gw tw kemaren lu jalan sama siapa sore sore di kampus, ga usah ngelak lagi. Diem diem lu selingkuh di belakang gw !”
Sempat aku merasa senang, kiki masih mengingatku dengan mengirim pesan tapi ternyata semua hancur ketika aku membaca semua pesan itu. Tak ingin aku membuat keruh hubunganku, aku lebih memilih mengirimkan pesan pada Nanda.
“Aku sayang kamu KIKI, rasa sayang aku lebih besar dibanding rasa sakit hatiku. “
Dilain tempat , gaga menghampiri Nanda dan menanyakan keberadaanku
“Hey Nan, kok dari tadi pagi gw ga liat Mita ya?” Tanya Gaga
“Dia sakit Ga, badannya tadi panas banget mau gw bawa ke rumah sakit tapi dia ga mau”
“Lu udah ga da jadwal kuliah lagi kan? Kalo gitu gw ikut deh ke kostan. Ga apa apa kan?”
“Ia ga apa apa lagi, mau jenguk Mita kan?” ujar Nanda
“Ia Nan, gw pengen jenguk dia. Kemaren gw ketemu, dia cerita soal hubungannya sama Kiki” ucap Gaga
“Cerita?? Malem juga sempet cerita tapi dia ceritanya gitu aja.” Nanda tercengang
“Ia Kiki udah keterlaluan Nan, tapi gw ngomong gimanapun tapi tetep aja Mita ga pernah mau tau yang dia tau, dia sayang sama Kiki.” Jelas Gaga
Di sepanjang perjalanan menuju kostan, Gaga melihat Kiki bersama wanita terlihat  sedang ribut besar. Dengan sedikit emosi Gaga menghampiri Kiki setelah wanita yang sedang bersamanya telah pergi meninggalkan Kiki.
“Cowo macem apa lu Ki, ngebiarin cewe sebaik Mita gitu aja .!” Tukas Gaga dengan emosi
“Owh, apa apaan ni. .!” Sambar Kiki
“Lu ga pernah sadar ki, orang yang lu sakitin dia yang sayang sama lu!” Kata Gaga
“Wets  ada jagoan disini, apa bedanya lu sama dia. . dasar muka dua!”
“Maksud lu??” Gaga bertanya
“Masih ngelak!  lu berdua , sore jalan apa namanya kalo bukan selingkuh.!”
“Semua salah paham Ki!”
“Ahhh, lu kalo sayang sam dia ambil aja Ga! Gausah muna.!” Ucap Kiki dengan nada tinggi
“Oke, gw memang sayang sm dy. Tapi gw ga bisa maksain diri kalo ternyata dia Cuma sayang sama lu Ki!!”
Keadaan semakin tak terkendali hingga Nanda pun berteriak karena tak tahan mendengar semuanya.
“STOPPPPPP !!! Kalian bisa ga si ngomongin tu pake kepala dingin!” Ujar Nanda
“Lu Ki, Mita sayang sama lu. Dy ga peduli sekalipun lu bikin dy sakit hati. tapi dy tetep nunggu lu. Sampe dy sekarang sakit pun dy masih nuggu lu! Ga sadar apa yang lu lakuin itu cukup jahat ki ! lu nuduh Mita Selingkuh. Coba ngaca! Liat lu sama cewe tadi kalo gw Tanya sama lu, Di sini siapa yang lu bilang selingkuh! Lu apa Mita! “ Mita menengahi
Sejenak keadaan terdiam, Kiki seperti menyesali semuanya. Dan gaga yang mulai bisa mengontrol diri kembali berbicara
“Sorry ki, bukan maksud gw ikut campur masalah lu. Apa yang lu utarain tadi itu semua salah paham ki, gw ga da hubungan apa apa sama mita. Gw harap lu bisa buka hati lu ki.. ada cewe yang bener bener sayang sama lu. Tolong jangan di sia siain” Kata Gaga
Perlahan Kiki mulai menyadari semua nya dan mengakui kesalahan yang pernah dilakukannya kepada Mita.
“Nan, lu bilang tadi Mita sakit?”  Tanya Kiki
“Ia” Jawab Nanda singkat
Nanda membuka HP nya dan membaca pesan masuk dari Mita.dan memberikannya pada Kiki
Hingga akhirnya Kikipun merasa bersalah atas semua yang terjadi.
“Tolong, gw pengen ketemu sama dy Nan!”
“Oke, “
Kiki ,Nanda dan Gaga pun berjalan bersama menuju kostan Mita. Setiba nya di kamarku. Kikipun langsung Meminta maaf padaku dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang pernah ia lakukan kepada Mita.
“Maafin aku Ta, aku sadar aku salah udah buat kamu sakit, tolong kasih aku kesemapatan buat aku sekali lagi, aku janji ga akan lagi ninggalin kamu!” Kiki memohon padaku
Aku yang sedang berbaring itu pun kembali menangis, dan memberikan kesempatan kedua untuk Kiki.
“Walopun kamu buat aku sakit, tapi aku ga peduli. Aku masih tetep sayang kamu. .jangan pergi lagi ya dari aku??” Mita melengkapi
“Aku janji Ta, kamu juga ya jangan ninggalin aku” Janji Kiki padaku
Aku dan Kiki kembali menjalin sebuah kisah dari awal lagi, kejadian kemarin aku dan Kiki jadikan pelajaran sebagai cerminan di masa yang lalu.
Karakteristik Cerpen
Tema     : Percintaan
Topic     : Penantian
Judul     : Kembalilah
Watak dan penokohan  :
1.       Mita               : Ramah, Sabar, Tidak terbuka
2.       Kiki                                 : Egois, Keras
3.       Gaga              : Baik, Dewasa, Penyayang
4.       Mita               : Penyayang, baik
Kronologis          :
1.         Awal            : Berawal dari meminjam catatan akhirnya Mita dan Kiki menjalin hubungan
2.         Konflik        : Adanya kesalahpahaman yang di tujukan Kiki kepada Gaga dan Sikap Kiki yang tiba tiba berubah kepada mita hingga berujung permasalahan
3.         Akhir            : Kiki menyadari kesalahan yang telah dilakukannya dan mengakui tindakan yang dilakukannya itu bodoh Karena telah menyianyiakan Mita begitu saja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar